Blog seputar ternak kambing dan domba, mulai dari perawatan sampai jual beli kambing dan domba di Kediri - Indonesia

Senin, 28 Mei 2018

Tanaman Indigofera : Pakan Ternak Bernutrisi Tinggi

Alternatif Pakan Ternak Kambing Kaya Nutrisi : Indigofera

Kebutuhan pakan merupakan yang utama buat ternak termasuk kambing dan domba. Umumnya masalah pakan dimanapun relatif sama, yaitu apabila musim hujan persediaannya melimpah dan sebaliknya jika musim kemarau jumlahnya sangat terbatas. Belum lagi masalah kandungan nutrisi dari jenis pakan yang ada. Para peternak biasanya memakai pakan ternak jenis rumput sawah, rumput odot, rumput gajah, tebon jagung, rendeng kacang maupun jerami padi. 

Tanaman Indigofera


Dari sisi kandungan nutrisi, pakan tersebut notabene memiliki kandungan protein/ nutrisi pakan yang rendah. Untuk itu pakan ternak perlu dikombinasikan dengan pakan ternak yang memiliki kandungan nutrisi yang bagus diantaranya indigofera, lamtoro, gamal dll. Tanaman legum tersebut memiliki kandungan protein 20% - 25%. Legum ini bisa dikombinasikan dengan jenis rumput lainnya baik dalam bentuk kering maupun segar untuk meningkatkan kualitas nutrisi pada ternak. 

Salah satu jenis pakan hijaun ternak alternatif yang disinyalir memiliki kandungan nutrisi yang bagus yaitu tanaman indigofera. Indigofera merupakan jenis tanaman yang memiliki kandungan protein tertinggi diantara tanaman lainnya yaitu sekitar 28%. Tanaman indigofera merupakan jenis tanaman leguminosa yang sangat potensial untuk dijadikan pakan ternak karena memiliki kandungan nutrisi dan produksi yang tinggi toleran terhadap kekeringan. Tanaman ini bisa diberikan ke ternak dengan dicampurkan rumput gajah 60% dan indigofera 40%. Selain itu, indigofera ini juga bisa diberikan pada ternak jenis sapi, domba, kambing maupun ayam, bebek dll.

Saat ini pemerintah di beberapa daerah menggalakkan penanaman tanaman indigofera ini untuk membantu para peternak dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ternaknya. So, jika Anda adalah peternak sapi, kambing atau domba maka Anda wajib menanam tanaman indigofera ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tanaman Indigofera : Pakan Ternak Bernutrisi Tinggi

0 komentar:

Posting Komentar