Blog seputar ternak kambing dan domba, mulai dari perawatan sampai jual beli kambing dan domba di Kediri - Indonesia

Jumat, 25 Mei 2018

Jenis-Jenis Kambing yang Populer di Indonesia

Jenis-Jenis kambing yang populer di Indonesia

Kambing adalah hewan ternak yang sangat banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia, terutama di Jawa. Para peternak memelihara kambing untuk diambil daging, susu, kulit maupun kotorannya untuk pupuk tanaman. Jenis kambing yang populer di Indonesia khususnya di Jawa ada banyak, diantaranya kambing kacang, kambing etawa, kambing peranakan etawa (PE), kambing jawa randu, kambing boer, kambing boerka (boer-kacang), kambing boerawa, kambing saanen dan lain-lain.

Jenis-Jenis kambing di Indonesia

Kambing Kacang
Kambing kacang dikenal sebagai kambing lokal Indonesia. Kambing kacang banyak diternakkan masyarakat di Jawa dan Lampung serta daerah lainnya. Ciri-ciri kambing kacang yaitu tubuhnya kecil dengan tinggi mencapai 56-65 cm, serta bobot tubuh mencapai 30 kg. Selin itu, ciri lainnya yaitu posisi telinga tegak, bulu lurus dan tegak. Umumnya kambing kacang memiliki warna putih, hitam atau coklat.

Kambing Etawa
Kambing Etawa dikenal juga dengan nama kambing Jamnapari. Kambing etawa berasal dari India. Kambing ini memiliki ciri fisik yang besar dan tinggi, memiliki telinga besar menjuntai ke bawah. Tinggi kambing ini bisa mencapai 127 cm serta bobot mencapai 91 kg. Kambing etawa lebih terkenal sebagai kambing penghasil susu karena produksi susunya termasuk tinggi yaitu mencapai 3 liter/ hari.

Kambing Peranakan Ettawa  
Kambing Peranakan Etawa (PE) sebenarnya adalah kambing hasil persilangan antara kambing etawa dengan kambing kacang. Kambing Peranakan etawa ini secara fisik mirip dengan kambing etawa, namun lebih adaptif dengan iklim di Indonesia. Sifat adaptif ini diturunkan dari kambing kacang yang lebih dulu dikenal umum dan berkembang biak di tanah air. 

Kambing Jawa Randu
Kambing Jawa Randu merupakan kambing hasil persilangan dari kambing peranakan etawa dengan kambing kacang. Ciri – ciri fisik kambing jawa randu ini perpaduan antara kambing PE dan kambing kacang yaitu memiliki telinga lebar terbuka, panjang dan terkulai, postur tubuhnya lebih kecil dari kambing etawa dan bobot maksimal dapat lebih dari 40 kg.

Kambing Boer
Habitat Kambing Boer aslinya berasal dari Afrika Selatan. Kambing Boer merupakan kambing pedaging yang sesungguhnya karena pertumbuhannya sangat cepat.  Kambing Boer jantan akan tumbuh dengan berat badan 120 – 150 kg pada saat dewasa (umur 2-3 tahun), sedangkan Betina dewasa (umur 2-3 tahun) akan mempunyai berat 80 – 90 kg. Boer betina maupun jantan keduanya bertanduk.

Kambing Boerka
Kambing Boerka adalah kambing turunan dari kambing Boer dan kambing Kacang. Sifat kambing Boerka adalah perpaduan antara kambing Boer dan kambing Kacang.

Kambing Saanen
Kambing Saanen ini aslinya berasal dari lembah Saanen, Swiss (Switzerland) bagian barat. Merupakan salah satu jenis kambing terbesar di Swiss dan penghasil susu kambing yang terkenal. Sulit berkembang di wilayah tropis karena kepekaannya terhadap matahari. Oleh karena itu di Indonesia jenis kambing ini disilangkan lagi dengan jenis kambing lain yang lebih resisten terhadap cuaca tropis dan tetap diberi nama kambing Saanen.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis-Jenis Kambing yang Populer di Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar